Berita

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022

Jumat Pahing, 25 Februari 2022 14:16 WIB 124

foto
Peringatan HPSN 2022

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ), serta Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 pada Kamis, 24 Februari 2022 di Aula Kalurahan Caturharjo, Pandak, Bantul. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Evaluasi dan Tindak Lanjut Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup P3EJ Sumartinah, SH, M.Hum, Rektor UAD Yogyakarta Dr. Muchlas Arkanuddin, MT, serta Sekretaris DLH Kabupaten Bantul Ir. Wachid, MA. dan melibatkan unsur Kalurahan Caturharjo, Saka Kalpataru Bantul, Mahasiswa KKN UAD, serta relawan-relawan pengelola sampah Kabupaten Bantul.

Peringatan HPSN Tahun 2022 ini terdiri atas beberapa rangkaian acara, antara lain penanaman pohon di Alun-alun Caturharjo, Pelantikan dan Pembekalan Anggota Saka Kalpataru Bantul, Pelatihan ember tumpuk untuk warga Caturharjo, Pameran/Ekspo pengelolaan sampah  oleh relawan-relawan  pengelola sampah  Kabupaten Bantul, serta edukasi untuk generasi muda melalui bus moduling P3EJ.

Dalam sambutannya, Ir. Wahid MA memberikan apresiasi yang sebesar-sebesarnya atas keterlibatan berbagai pihak dalam peringatan HPSN Tahun 2022 ini, yang mencerminkan sinergitas pengelolaan lingkungan, khususnya pengelolaan sampah di Kabupaten Bantul sesuai dengan program Bantul Bersih Sampah 2025 (Bersama) yang dicanangkan oleh Bupati Bantul. Dalam arahannya, Sumartinah SH, M.Hum menambahkan, bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh DLH Kabupaten Bantul dalam mengatasi permasalahan sampah sejalan dengan  Pemerintah Pusat dalam penguatan pengelolaan sampah sebagai bentuk adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Sementara itu, Dr. Muchlas  Arkanuddin, MT. mengungkapkan komitmen UAD Yogyakarta yang akan terus mendukung program-program terkait pengelolaan sampah di Kabupaten Bantul, yang salah satunya sudah terbukti berupa pengerahan mahasiswa KKN di Kabupaten Bantul yang berfokus pada pendampingan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kerjasama dan partisipasi aktif semua kalangan masyarakat dalam mengatasi permasalahan lingkungan khususnya persampahan di Kabupaten Bantul dapat terus meningkat dan memberikan hasil yang memuaskan.