Berita

Penggantian Tanaman di Taman Vertikal Paseban

Kamis Kliwon, 10 Desember 2020 14:36 WIB 268

foto
Penggantian Tanaman di Taman Vertikal Paseban

Kamis, 10 Desember 2020 Dinas Lingkungan Hidup melakukan pergantian tanaman di area taman vertikal Paseban. Pergantian tanaman ini dimaksudkan untuk mengganti tanaman-tanaman yang layu atau mati agar taman vertikal terlihat cantik dan indah.

Taman vertikal adalah sebuah konsep taman tegak yang memanfaatkan keterbatasan lahan dengan menanam tumbuhan ke atas pada dinding atau bidang berstruktur vertikal lainnya sebagai pengganti lahan tanaman. Taman vertikal juga merupakan metode bercocok tanam dengan menggunakan lahan yang terbatas dengan menggunakan media dinding atau ruang secara vertikal dan menutupinya dengan tumbuhan yang tumbuh di atas media tanam.

Karena sering diaplikasikan pada dinding, taman vertikal juga dikenal dengan sebutan dinding hijau (green walls), dinding hidup, biowalls, dan ecowalls. Taman berbentuk vertikal ini makin sering ditemukan dan menjadi tren kehidupan kota urban karena pas untuk diterapkan di hunian berlahan terbatas.

Dibangun secara horizontal atau vertikal, taman di pinggir jalan raya memiliki banyak manfaat. Adanya tanaman hidup di pinggir jalan raya dapat membantu mengurangi dampak polusi udara dan juga berfungsi sebagai penghasil oksigen bagi manusia. Selain membuat sekitar tampak asri dan lebih adem.

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Bantul membuat Taman Vertikal di area paseban yang dekat dengan jalan raya tersebut.