Berita

Hari Batik Nasional 2020

Jumat Legi, 2 Oktober 2020 09:10 WIB 708

foto
Hari Batik 02 okt 2020-DLH Bantul

Setiap tanggal 02 Oktober diperingati sebagai Hari Batik. Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknikteknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Kabupaten Bantul juga memiliki corak batik khas. Secara garis besar motif batik yang terdapat dan dibuat di wilayah kota Bantul pada umumnya dapat dibagi menjadi dua kelompok besar. 

Kelompok motif batik pertama adalah motif batik yang merupakan motif batik yang asli dibuat oleh para seniman dan pembuat batik yang ada di Bantul. Motif yang dibuat ini adalah motif yang merupakan pengembangan dari sebuah motif batik tradisional yang kemudian mengalami inovasi oleh para seniman batik di daerah Bantul sehingga menciptakan sebuah motif batik yang benar-benar baru sebagai sebuah hasil akhir. Motif batik yang masuk dalam kategori Motif batik asli Bantul adalah Motif Batik Kembang Kenanga Krembyah, Motif Batik Kembang Pace, batik dengan Motif Kembang Bangah, Dopo Tanjung, Tambal, Sekar Jagat dan juga motif batik yang bernama Motif Batik Alas-alasan.

Kelompok motif batik kedua di daerah Bantul ini adalah motif batik yang merupakan motif batik yang asli diciptakan oleh para penduduk dan juga seniman batik yang berasal dari Bantul. Motif ini pada umumnya dapat dilihat pada Motif Batik Naga Kuluk, Motif Batik Laba-Laba, Ketepeng Kebo, Binatang Laut, dan masih banyak lagi yang merupakan motif batik asli buatan masyarakat Bantul.

Ada pula batik Kawung Tirto Samudro yang digunakan oleh seluruh ASN di Kabupaten Bantul setiap hari Kamis. Peraturan ini tertuang pada Surat Edaran Bupati Bantul Nomor 35 Tahun 2019 tentang PAKAIAN DINAS APARATUR PEMERINTAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL.