Berita

Hari Kesaktian Pancasila

Kamis Kliwon, 1 Oktober 2020 10:12 WIB 3319

foto

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.

Dimana diketahui pada peristiwa 30S/PKI, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu Partai Komunis Indonesia. Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila.

Kali ini 01 Oktober 2020 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul tetap mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara daring serta mendengarkan pidato dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim di aula parkir Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul di pipim oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Bapak Ir. Wahid.

Upacara kali ini dilaksanakan tetap dengan mengikuti protokol kesehatan di masa pendemi covid 19 dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak aman yang diikuti oleh seluruh karyawan.

Dalam salah satu kalimatnya Mentri Pendidikan dan kebudayaan menyebutkan "Di masa krisis seperti ini lilin-lilin Pancasila menerangi kegelapan di mana-mana". Memang hal tersebut relevan dengan yang terjadi saat ini, dimana kita bisa melihat banyak masyarakat yang ikut bergerak dengan jiwa dan raga mereka untuh bahu membahu dalam penanganan Pandemi ini selayaknya cahaya lilin-lilin kecil yang bersatu memberikan cahaya terangnya. 

Pancasila sebagai pusaka negara Indonesia harus menyala di hati kita masing-masing dalam setiap perbuatan kecil dan besar yang bisa kita lakukan bagi sesama.