Berita

Ayo Menabung di Bank Sampah..!

Rabu Pahing, 4 November 2015 12:47 WIB 3138

foto

Bank Sampah adalah suatu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah di tingkat masyarakat, dengan menyamakan kedudukan sampah serupa dengan uang atau barang berharga yang dapat ditabung. Banyak manfaat yang akan didapat dengan adanya Bank Sampah, diantaranya adalah masyarakat dapat terdidik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilai sehingga mereka mau memilah sampah. Selain itu, Bank Sampah juga dapat memberikan kesempatan kerja dan penghasilan tambahan dari tabungan di Bank Sampah, dan menuju pada tujuan utama yaitu terwujudnya pembangunan lingkungan yang bersih dan sehat.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bantul sangat mendukung adanya Bank Sampah, terbukti dengan selalu memberikan pendampingan kegiatan, pembinaan dan fasilitasi. Beberapa fasilitas yang diberikan BLH antara lain berupa tong sampah, motor roda tiga, gerobak, mesin pencacah sampah dan komposter.

Beberapa Bank Sampah yang ada di Bantul antara lain ; Bank Sampah Gemah Ripah (Badegan), Bank Sampah Bersih Menuju Sehat (Banguntapan), Bank Sampah Azola (Serut), Bank Sampah Milah Rezeki (Bambang Lipuro), Bank Sampah Sehat Ceria (Kasihan), Bank Sampah Kembang Sari (Piyungan), Bank Sampah Mekar Abadi (Sedayu), Bank Sampah Subur Makmur (Sewon), Bank Sampah Sumber Rezeki (Jetis), Bank Sampah Mandiri (Dlingo), Bank Sampah Rukun Agawe Santoso (Sanden) dan masih banyak lagi. Database Bank Sampah di Bantul selengkapnya dapat diakses di website : http://jpsm.bantulkab.go.id.

Menabung di Bank sampah sangatlah mudah, masyarakat hanya perlu mengumpulkan sampah kemudian memilah sampah sesuai jenisnya (plastik, kertas dan logam), bisa secara individu maupun kelompok. Kemudian masyarakat tinggal datang ke Bank Sampah dengan membawa sampah terpilah tersebut. Di Bank Sampah, sampah tersebut akan ditimbang dan dihargai sesuai dengan berat dan jenisnya. Kemudian masyarakat tersebut akan menerima slip transaksi dan buku rekening tabungan sama seperti ketika kita menabung uang di bank. Jadi, tunggu apalagi? “Ayo menabung di Bank Sampah...!”

Mita SP