Berita

Pemerintah Kota Palembang belajar Proklim di Dusun Serut

Kamis Wage, 26 Maret 2015 14:59 WIB 4090

foto
Rombongan melihat IPAL Biogas dari industri kecil tahu di Dusun Serut

Pada hari ini Kamis 26 Maret 2015 pemerintah Kabupaten Bantul diwakili Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul menerima kunjungan dari pemerintah daerah Kota Palembang. Sebanyak 26 pejabat Kota Palembang dipimpin Sekda Kota Palembang bermaksud menggali ilmu lebih dalam di bidang Kampung Iklim.

Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong masyarakat untuk melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan penghargaan terhadap upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilaksanakan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Adaptasi perubahan iklim adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim, termasuk keragaman iklim dan kejadian iklim ekstrim sehingga potensi kerusakan akibat perubahan iklim berkurang, peluang yang ditimbulkan oleh perubahan iklim dapat dimanfaatkan, dan konsekuensi yang timbul akibat perubahan iklim dapat diatasi. 

Mitigasi perubahan iklim adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam upaya menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca sebagai bentuk upaya penanggulangan dampak perubahan iklim.

Melalui program Kampung Hijau dari BLH Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Bantul memiliki beberapa Kampung Iklim tingkat Nasional antara lain Dusun Serut, Palbapang, Bantul. Berkat kepedulian dan peran serta aktif masyarakatnya dalam mengelola lingkungan hidup Dusun Serut menjadi pusat belajar dari derah lain yang ingin belajar mengelola lingkungan dengan cara yang berwawasan lingkungan hidup.

Sementara itu di tempat yang sama di BLH Bantul, Kepala BLH Bantul Bpk Drs.  Eddy Susanto juga menerima kunjungan dari Kabupaten Keerop Papua . Mereka ingin mengetahui lebih jauh di bidang tata kelola BLH.

Sebelum menuju ke Dusun Serut rombongan menerima paparan dari Kepala Dusun Serut Bapak Rohmad Tobadiyana terkait pengelolaan lingkungan di Dusun Serut. Selanjutnya seusai paparan dilanjutkan kunjungan ke lokasi. Dari kunjungan tersebut diharapkan pengelolaan lingkungan hidup menjadi semakin baik di seluruh pelosok Indonesia.