Berita

Mohon Doa Restu 12 - 13 Maret 2015 Laboratorium Lingkungan BLH Bantul Dinilai Oleh Tim Asesor KAN Untuk Menuju Laboratorium Terakreditasi

Kamis Kliwon, 12 Maret 2015 13:11 WIB 2933

foto

Laboratorium Lingkungan BLH Bantul, pada hari Kamis dan Jumat, 12 - 13  Maret 2015 dinilai oleh Tim Asesor KAN (Komite Akreditasi Nasional). 

Kegiatan penilaian ini merupakan tindak lanjut dari permohonan Laboratorium Lingkungan BLH Bantul kepada KAN, untuk mendaftar sebagai laboratorium terakreditasi.

Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah suatu lembaga non struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 2001. Komite Akreditasi Nasional (KAN) mempunyai tugas pokok untuk menetapkan akreditasi dan memberikan pertimbangan dan saran kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam menetapkan sistem akreditasi dan sertifikasi.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh laboratorium Lingkungan BLH Bantul, Persiapan tersebut dapat di kelompokkan dalam 2 (dua) kegiatan yaitu persiapan terkait bidang manajemen mutu dan manajemen teknis dengan ruang lingkup pengujian yang didaftarkan.

Persiapan  bidang manajemen  terkait kebijakan mutu, sasaran mutu dan sistem manajemen mutu. Adapun kriteria yang disiapkan diantaranya dokumen yang terkait dengan kebijakan mutu, organisasi, sistem manajemen, pengendalian dokumen, subkontrak pengujian, pelayanan kepada pelanggan, pengendalian pekerjaan yang tidak sesuai, peningkatan mutu, tindakan perbaikan, tindakan pencegahan, audit internal, kaji ulang manajemen, kaji ulang permintaan tender dan kontrak, pembelian jasa dan perbekalan dan pengendalian rekaman.

Sedangkan untuk bidang manajemen teknis dengan ruang lingkup yang berkaitan dengan hal teknis, penyeliaan, pengujian,  personil, kondisi akomodasi dan lingkungan, metode pengujian dan validasi metode, pengambilan contoh uji, penanganan contoh uji, jaminan mutu hasil pengujian, pelaporan hasil uji, verifikasi instruksi kerja, peralatan, ketertelusuran pengukuran, penjaminan dan pengendalian mutu, pemeliharaan kebersihan lab, estimasi ketidakpastian, penanganan dan pemeliharaan peralatan laboratorium, pengecekan antara peralatan dan laporan hasil uji.

Mohon doa dan restu, Mudah - mudahan kegiatan penilaian oleh Tim Asesor Komite Akreditasi Nasional (KAN) dapat berjalan dengan lancar, dan cita - cita untuk mewujudkan Laboratorium Lingkungan yang terakreditasi di Bantul dapat terlaksana. Amin.

(IS)